BADAN PENGAWAS PERDAGANGAN BERJANGKA KOMODITI (BAPPEBTI)


Image

Keberadaan Bursa Berjangka tidak terlepas dengan adanya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) yang berada dibawah naungan Kementrian Perdagangan. Bappebti melaksanakan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan kegiatan perdagangan berjangka yang berjalan di Indonesia.

Bappebti memiliki kewenangan-kewenagan tertentu, antara lain menerbitkan izin usaha bagi Bursa Berjangka, Lembaga Kliring Berjangka, Pialang Berjangka, Penasihat Berjangka, dan Pengelola Sentar Dana Berjangka. Selain izin usaha, terdapat izin bagi perseorangan untuk menjadi Wakil Pialang Berjangka, Wakil Penasihat Berjangka, dan Wakil Pengelola Sentra Dana Berjangka. Bappebti juga menerbitkan sertifikat pendaftaran bagi Pedagang Berjangka dan persetujuan bagi Pialang Berjangka untuk menyalurkan amanat Nasabah Berjangka ke luar negeri.

Bappebti akan memastikan agar Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring Berjangka melaksanakan semua ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan serta melakukan pengawasan yang intensif. Selain itu, Bappebti juga akan memberikan sanksi yang tegas jika ditemukan pelanggaran yang terjadi pada pihak-pihak yang terlibat.