CLEARING HOUSE / LEMBAGA KLIRING


Image

Dalam mengelola bursa agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien, Bursa berjangka akan bekerja sama dengan lembaga kliring. Lembaga Kliring ini merupakan suatu lembaga yang sangat erat kaitannya dengan Bursa Berjangka. Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 1997 Tentang Perdagangan Berjangka yang dimaksut dengan Lembaga Kliring Berjangka adalah “Badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan transaksi di bursa berjangka”.

Kombinasi antara Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring memberikan kepastian dan keamanan tertinggi bagi pihak pembeli maupun penjual. Dengan kehadiran lembaga kliring maka resiko lawan transaksi (counter party risk) tidak ada.

Lembaga Kliring juga memiliki fungsi sebagai lembaga penyelesaian dan penjaminan atas semua transaksi yang terjadi di dalam bursa berjangka. Lembaga Kliring Berjangka akan bertindak sebagai pihak penjual terhadap pembeli dan sebaliknya, sebagai pihak pembeli terhadap penjual. Dengan demikian, di dalam perdagangan berjangka pembeli dan penjual tidak perlu saling mengenal dan bertemu. Hal tersebut dikarenaka posisi mereka dalam penyelesaian ini diwakili oleh Lembaga Kliring Berjangka.ermasuk bid/offer harga dan jumlah pesanan dapat diakses secara langsung melalui platform perdagangan bursa.